A.
Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan
dirumuskan mengacu pada tujuan umum
berikut ini.
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B.
Visi Sekolah
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk
memungkinkan penyesuaian program
pendidikan dengan kebutuhan dan potensi sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan harus memperhatikan perkembangan dan tantangan
masa depan. Misalnya, perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, serta perubahan
kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan sehingga memacu sekolah
untuk merespons tantangan dan peluang. Oleh karena itu, kami merumuskan visi
sekolah SMP Negeri 3 Jabung-Lampung Timur, yaitu :
”MENJADIKAN SEKOLAH YANG UNGGUL DALAM PRESTASI AKADEMIK DAN NON
AKADEMIK BERWAWASAN GLOBAL DENGAN BERLANDASKAN IMTAQ DAN IPTEK”
Kami memilih visi ini dengan berorientasi pada
tujuan jangka panjang, menengah, dan pendek. Visi sekolah SMP Negeri 3 Jabung
tersebut menjadi pedoman bagi setiap civitas akademika SMP Negeri 3 Jabung
untuk mewujudkannya dalam mencapai tujuan sekolah. Visi SMP Negeri 3 Jabung
tersebut mencerminkan profil dan cita-cita SMPNegeri3 Jabung, antara lain
1. Berorientasi pada
keunggulan dengan memerhatikan potensi kekinian;
2. Sesuai dengan Norma
dan Harapan Masyarakat;
3. Bersifat mengikat
bagi setiap civitas akademika SMP Negeri 3 Jabung;
4. Sebagai panduan bagi pelaksanaan misi
sekolah SMPNegeri 3 Jabung
C.
Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi sekolah SMP Negeri 3 Jabung tersebut, diperlukan
suatu misi berupa kegiatan
jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi sekolah SMP Negeri 3 Jabung yang
disusun berdasarkan visi di atas, antara lain sebagai berikut.
a.
Peningkatan
kedisiplinan bagi seluruh warga sekolah
b.
Pemanfaatan
tekhnologi informasi bagi guru, karyawan dan siswa dalam menunjang
berlangsungnya proses belajar mengajar. .
c.
Memanfaatkan
sarana dan prasarana serta fasilitas sekolah dalam proses pembelajaran secara
optimal dengan menumbuh kembangkan kesadaran setiap komponen sekolah guna
mencapai tujuan pembelajaran.
d.
Memberikan
motivasi siswa untuk mengenal potensi dan kompetensi diri melalui kegiatan
pengembangan diri.
e.
Memberikan motivasi siswa dengan
dukungan setiap komponen sekolah untuk mengenal lebih jauh pengetahuan
keagamaan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
f.
Mewujudkan
stake holder dan meningkatkan sarana dan prasarana serta peduli dengan
lingkungan.
D.
Tujuan Sekolah
Berdasarkan visi dan misi sekolah, maka tujuan yang
hendak dicapai sekolah SMP
Negeri 3 Jabung, antara lain
sebagai berikut.
a.
Dalam
1 Tahun
1.
Terlaksananya
penyusunan dan pengembangan bahan ajar pada tiap bidang studi.
2.
Terdapat kombinasi model-model
pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan dalam kegiatan belajar
mengajar.
3.
Memiliki tim LCT yang mampu bersaing di
tingkat kecamatan maupun kabupaten
4. Memiliki tim Olahraga yang mampu bersaing dan
berkompetisi di tingkat kecamatan dan kabupaten
5. Memiliki Tim Bahasa Inggris yang mampu bersaing dan
berkompetisi di tingkat. kecamatan dan kabupaten
6. Memiliki Tim Olimpiade yang tangguh
7. Memiliki Tim untuk mengikuti lomba-lomba keagamaan
yag bersaing di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten.
8. Memiliki tim kesenian yang mampu bersaing di tingkat
kecamatan maupun ditingkat kabupaten
9. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai dalam
pengembangan pembelajaran
10. Terlaksananya kegiatan-kegiatan keagamaan baik di
dalam maupun di luar sekolah
11. Terlaksananya kegiatan-kegiatan yang berorientasi
dan berwawasan lingkungan
b.
Jangka
Menengah (4 Tahun)
1.
Memiliki ruang belajar dan sarana
prasarana pembelajaran yang memadai
2. Memiliki perpustakaan yang memadai dan representatif
3. Setiap siswa mampu mengoperasikan komputer dan
tehnologi informasi
4. Nilai tamatan minimal 6.50
5. Memiliki tim olahraga yang mampu bersaing di tingkat
kabupaten
6. Memiliki Tim LCT
dan Olympiade yang mampu bersaing di tingkat kabupaten dan propinsi
7. Memilki tim Bahasa Inggris yang dapat bersaing di
tingkat Kabupaten dan propinsi
8. Memiliki tim seni yang mampu bersaing di tingkat
Kabupaten dan Propinsi
c.
Jangka
Panjang
1.
Memiliki
sarana prasarana pembelajaran yang lengkap.
2. Memiliki tim olahraga, dan tim olympiade MIPA yang
mampu bersaing di tingkat Nasional
3. Meningkatnya jumlah lulusan yang diterima di SMA-SMA favorite di Lampung
dan di luar propinsi Lampung
4. Menjadikan SMPN 3 Jabung Sebagai Lembaga Pendidikan
Pemerintah yang menjadi tumpuan harapan orang tua dapat menyekolahkan
putra-putrinya guna dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan .
E. Analisis SWOT
No
|
Fungsi dan Faktor
|
Kondisi Ideal
|
Kondisi Nyata
|
Kesiapan
|
|
Siap
|
Tidak
|
||||
1
|
Fungsi perencanaan
KTSP
|
||||
1.Faktor internal
|
|||||
1.1 Komite sekolah
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
1.2 Pendidik
|
Mengajar sesuai dengan latar
belakang pendidikan dan S-1
|
Belum semua guru
berpendidikan S-1 dan sesuai dengan latar belakang pendidikannya
|
ü
|
||
1.3 Tenaga
Kependidikan
|
Berijazah
sekurang-kurangnya D-3
|
Masih ada T.P yang
berijazah < D3
|
ü
|
||
1.4 Sarana dan
Prasarana
|
Memadai
|
Belum lengkap, Baru ada 7 Ruang
kelas
|
ü
|
||
1.5 Biaya
|
Terpenuhi
|
Belum semua terpenuhi
|
ü
|
||
2.Faktor eksternal
|
|||||
2.1 Dinas pendidikan
Kab/kota
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.2 Dewan pendidikan
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.3 Asosiasi profesi
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.4 Lingkungan
Masyarakat
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2
|
Fungsi Pelaksana KTSP
|
||||
1.Faktor internal
|
|||||
1.1 Komite sekolah
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
1.2 Pendidik
|
Mengajar sesuai dengan latar
belakang pendidikan dan S-1
|
Belum semua guru
berpendidikan S-1 dan sesuai dengan latar belakang pendidikannya
|
ü
|
||
1.3 Tenaga
Kependidikan
|
Berijazah
sekurang-kurangnya D-3
|
Masih ada T.P yang
berijazah < D3
|
ü
|
||
1.4 Sarana dan
Prasarana
|
Memadai
|
Belum lengkap Baru ada 7
ruang kelas
|
ü
|
||
1.5 Biaya
|
Terpenuhi
|
Belum semua terpenuhi
|
ü
|
||
2.1 Dinas pendidikan
Kab/kota
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.2 dewan pendidikan
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.3 Asosiasi profesi
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.4 Lingkungan
masyarakat
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
3
|
Fungsi evaluasi KTSP
|
||||
1.Faktor internal
|
|||||
1.1 Komite sekolah
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
1.2 Pengawas sekolah
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
1.3 Sarana dan
Prasarana
|
Mendukung
|
Belum Mendukung. Baru ada 7
ruang kelas
|
ü
|
||
1.4 Biaya
|
Mendukung
|
Belum terpenuhi
|
ü
|
||
2. Faktor eksternal
|
|||||
2.1 Dinas pendidikan
Kab/kota
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.2 Dewan pendidikan
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
||
2.3 Lingkungan
masyarakat
|
Mendukung
|
Mendukung
|
ü
|
No comments:
Post a Comment
Semua Bentuk Komentar menjadi tanggung jawab masing-masing!!