RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : VIII / I
Alokasi
waktu : 4 X 40’
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.1.
Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami
konsep pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
2. Siswa dapat
menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
3. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan hewan.
4. Siswa dapat menjelaskan struktur embrio tumbuhan.
5. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan..
6. Siswa dapat membedakan metagenesis tumbuhan lumut dan paku.
7.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
hidup.5
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, dan percobaan / observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan pembelajaran kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Disebut
apakah proses kecebong menjadi katak kecil ?
2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi
peristiwa anak ayam menjadi
ayam
dewasa ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami ciri-ciri makhluk hidup terutama tumbuh dan
berkembang
biak.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya yang
terdiri dari 4 – 5 siswa yang
kemampuannya
bervariasi.
b.
Berdiskusi dengan bimbingan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan
hewan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan bantuan charta ( lihat
Buku IPA Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru halaman 2 ).
3. Kegiatan Penutup
a. Dengan dibantu guru, siswa membuat kesimpulan
dari hasil pembelajarannya.
b. Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimana
perbedaannya antara pertumbuhan dengan perkembangan pada tumbuhan rumput teki ?
2) Faktor-faktor apakah yang berperan dalam
pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman mangga ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
2. Kegiatan Inti
a. Setelah siswa duduk sesuai dengan kelompoknya
masing-masing.
b. Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
dibantu dengan charta.
c. Siswa melakukan percobaan tentang pertumbuhan
tanaman.
3.
Kegiatan Penutup
a. Siswa membuat kesimpulan dari hasil
pembelajarannya dibantu oleh guru.
b. Guru melakukan refleksi dari hasil
pembelajaran pertemuan 1 dan 2 terhadap siswa.
c. Guru memberi tugas rumah.
E.
Media Pembelajaran
Alat
dan bahan lihat jelajah konsep 1.1. dan 1.2.
F.
Sumber Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA
Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta
Depdiknas.
2. Buku-buku IPA yang relevan.
3. Charta dan bahan percobaan.
4. Guru dan Siswa.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes Tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
2. Sel yang telah dibuahi akan menga-lami
pembelahan dan berkelompok membentuk struktur dan fungsi tertentu disebut
....
a. diferensiasi
b. pertumbuhan
c. perkembangan
d. fertilisasi
3. Pernyataan berikut ini yang salah tentang
pertumbuhan adalah ....
a. hewan mengalami pertumbuhan hanya sampai
pada usia tertentu
b. tumbuhan terus mengalami pertumbuhan
sepanjang hidupnya
c. pertumbuhan dapat diukur dengan taksiran
massa kering
d. pertumbuhan hanya dipengaruhi oleh cahaya
4. Berikut ini merupakan faktor eksternal yang
memengaruhi pertumbuhan tanaman, kecuali
a. cahaya
b. suhu
c. kelembaban
d. hormon
5. Berudu merupakan salah satu bentuk hasil
perkembangan katak menuju dewasa. Berudu bernapas dengan ....
a. insang
b. paru-paru
c. kulit
d. paru-paru buku
|
6. Proses penyusunan dan pengaturan sel ke
dalam lapisan yang berbeda (dipoblastik atau tripoblastik) pada perkembangan
hewan terjadi pada tahap ....
a. blastula
b. morulla
c. gastrula
d. zigot
7. Tahap-tahap metamorfosis sempurna yang
benar adalah ....
a. telur – larva – pupa – imago
b. telur – pupa – larva – imago
c. telur – imago – larva – pupa
d. telur – pupa – imago – larva
8. Hewan berikut ini yang mengalami
metamorfosis sempurna, kecuali....
a. katak
b. kupu-kupu
c. lepisma
d. kumbang
9. Jaringan tumbuhan yang terus membelah,
biasanya terdapat pada ujung akar dan batang adalah ....
a. meristem
b. parenkim
c. cambium
d. klorofil
10. Hewan tripolastik pada tahap gastrulasinya tersusun
atas 3 lapisan yang berupa ....
a. ektoderm, epiderm, dan endoderm
b. mesoderm, epiderm, dan endoderm
c. ektoderm,endoderm, dan mesoderm
d. epiderm, mesoderm, dan ektoderm
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 2 X 40’
Standar
Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar 1.2.
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan tahapan-tahapan
perkembangan pada manusia.
2.
Siswa dapat membedakan ciri-ciri masa pubertas
antara remaja pria dengan wanita.
3.
Siswa dapat mengemukakan alasan, mengapa
wanita mengalami menstuasi.
4. Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, dan observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan pembelajaran kooperatif.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Bagaimana perkembangan anak laki-laki dan
anak perempuan ?
2) Apa perbedaannya ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah mampu memahami perkembangan pada beberapa hewan
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa duduk sesuai dengan kelompok yang telah
dibentuk sebelumnya.
b.
Dengan bimbingan guru, siswa melakukan diskusi tentang tahapan-tahapan
perkembangan pada manusia.
3. Kegiatan Penutup
a.
Siswa menyusun kesimpulan dari
hasil belajar yang telah dilakukan dengan bantuan guru.
b. Guru memberi tugas rumah.
E. Media
Pembelajaran
Tabel
1.1.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang sesuai.
3. Siswa dan Guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1. Janin di
dalam rahim memperoleh zat makanan melalui saluran yang disebut ....
a. uterus
c. amnion
b. plasenta
d. air ketuban
2. Berikut ini
tahapan perkembangan manusia, kecuali ....
a. masa puber c. masa dewasa
b. masa neonatus d. masa subur
3. Anak-anak
usia 2 tahun memiliki keterampilan ....
a.
berlari
b. berjalan langkah gontai
c. berjalan di
atas balok kesetimbangan
d. berdiri pada satu kaki
4.
Ciri-ciri fisik anak laki-laki yang memasuki masa pubertas, kecuali ....
a. suara memberat
b. tumbuh rambut di sekitar kemaluan
c. memproduksi sperma
d. pinggul membesar
5. Lama siklus haid pada wanita rata-rata ....
a. 20 hari
c. 29 hari
b. 35 hari
d. 18 hari
|
6. Wanita hamil
yang sering minum alkohol dapat menyebabkan ....
a. Fetal Alkohol Syndrome(FAS)
b. janin bertambah berat
c. reduksi organ gerak janin
d. reduksi organ dalam janin
7. Masa neonatus
pada manusia berkisar antara ....
a. 10 -14 hari setalah lahir
b. 30 hari sebelum lahir
c. 2 bulan setelah lahir
d. 3 bulan setelah lahir
8. Hormon yang
berfungsi merangsang pertumbuhan sel-sel folikel adalah ....
a. estrogen
c. hypothalamus
b. FSH d. testosteron
9. Pertumbuhan
tinggi tubuh seseorang mulai berhenti pada masa ....
a. remaja
c. dewasa
b. manula
d. bayi
10. Berhentinya
fungsi organ reproduksi wanita ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi
disebut ....
a.
osteoporosis c. menarche
b. menopause
d. masa subur
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 12 X 40’
Standar
Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar 1.3.
Mendiskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan antara tulang rawan dengan tulang keras.
2. Siswa dapat mendiskripsikan rangka tubuh manusia.
3. Siswa dapat menyebutkan fungsi rangka tubuh manusia.
4. Siswa dapat
menjelaskan konsep sendi dan macam-macam sendi.
5. Siswa dapat
menjelaskan perbedaan otot lurik, otot jantung dan otot polos.
6. Siswa dapat menjelaskan
mekanisme gerak otot
7. Siswa dapat menjelaskan macam-macam gangguan dan kelainan pada
sistem gerak manusia.
8.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem gerak pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, eksperimen dan observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan pembelajaran kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Mengapa daun telinga dan batang hidungmu
dapat dibengkokkan sedang lengan atas dan pahamu tidak dapat ?
2) Bagaimana
akibatnya jika dalam tubuhmu tidak terdapat rangka ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami bahwa setiap makhluk
hidup bergerak.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk
sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
b.
Siswa melakukan percobaan tentang zat penyusun tulang dilanjtkan diskusi
tentang bendanya tulang rawan dan tulang keras dengan bantuan charta struktur
tulang dibawah bimbingan guru. ( lihat jelajah konsep 2.1. )
3.
Kegiatan Penutup
a.
Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil
pembelajarannya.
b.
Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Apakah tengkorak kita hanya terdiri dari satu
tulang yang utuh ? Mengapa ?
2) Mengapa tangan dan kaki kita tersusun dari
banyak tulang ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami macam-macam tulang.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk di
tempat kelompoknya masing-masing.
b.
Dengan model / charta rangka manusia siswa berdiskusi dan saling memberi
informasi tentang tulang-tulang penyusun rangka dengan bimbingan guru.
3. Kegiatan Penutup
a.
Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan dari hasil
pembelajarannya
b.
Guru melakukan refleksi dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimana seandainya tubuh kita rangkanya
hanya terdiri dari satu tulang ?
2) Samakah hubungan tulang paha dan gelang
panggul dengan tulang pengumpil dan hasta ? mengapa ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami tulang-tulang penyusun rangka.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa mengelompok
pada masing-masing kelompoknya
b.
Siswa melakukan observasi model dan charta macam-macam sendi dilanjutkan
diskusi tentang persendian pada manusia.
3. Kegiatan Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil
pembelajarannya
b.
Guru melakukan refleksi bersama-sama siswa dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Selain rangka, apakahyang merupakan bagian
sistem gerak manusia ?
2) Tersusun dari otot apakah lambung, paha dan
jantung ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami persendian
sebagai salah satu komponen sistem gerak pada manusia.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa menyiapkan
diri bersama kelompoknya.
b.
Siswa dibimbing guru melakukan pengamatan dan menggambar otot lurik,
otot jantung dan otot polos ( lihat jelajah konsep 2.2. )
3. Kegiatan Penutup
a.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
b.
Guru dan siswa melakukan refleksi bersama.
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimanakah perbedaan otot paha dengan otot
lambung ?
2) Bagaimana ciri-cirinya otot jantung ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa
telah melihat dan menggambar oto lurik, otot polos dan otot jantung..
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
b. Dengan petunjuk dan pembimbingan guru, siswa
melakukan diskusi tentang perbedaan otot lurik, otot polos dan otot jantung
serta mekanisme kerja gerak otot.
3.
Kegiatan Penutup
a. Bersama guru, siswa menyusun kesimpulan dari hasil pembelajarannya
b. Guru melakukan refleksi dan membuat tugas di rumah untuk siswa.
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Kelainan dan penyakit apa sajakah yang
terdapat pada
a)
rangka / tulang ?
b)
otot ?
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai kelompoknya.
b. Siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan
penyakit pada sistem gerak manusia dengan bimbingan guru.
3.
Kegiatan Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyusun
kesimpulan.
b. Guru melakukan evaluasi tentang sistem gerak
manusia.
E.
Media Pembelajaran
Alat
dan bahan lihat jelajah konsep
F.
Sumber Pembelajaran
1. Buku Belajar
IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas
VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Charta dan bahan percobaan.
4. Guru dan Siswa.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1. Sistem gerak
yang yang terlibat saat seorang atlet bola basket melakukan slamdukadalah
....
a. tulang
dan tendon
b. saraf dan
otot
c. tulang
dan otot
d. tulang
dan sendi
2. Di bawah ini
yang termasuk tulang penyusun poros tubuh manusia adalah ....
a. tulang
dada
b. tulang lengan
atas
c. tulang paha
d. tulang
belikat
3. Gambar berikut ini menunjukkan sendi ....
a. sendi engsel b.
sendi pelana
c. sendi peluru d. sendi putar
4. Hubungan antartulang yang memung-kinkan
adanya gerak bebas disebut ....
a. sinartrosis b. amfiartrosis
c. diartrosis d.
sindesmosis
|
5. Orang tua yang sudah menopause biasa-nya
mengalami penurunan kerja sel osteoblas sehingga tulangnya rapuh dan mudah
patah. Kelainan seperti ini disebut ....
a. osteoporosis b. artritis
c. rikets d. osteomalasia
6. Sifat khas
yang dimiliki oleh jaringan otot sehingga mampu melakukan gerakan adalah ....
a.
iritabilitas b. konduktifitas
c. kontraktilitas d. merespon
rangsangan (stimulus)
7. Otot yang
melekat pada rangka tubuh manusia dan berfungsi sebagai alat gerak aktif di
bawah kendali sistem saraf sadar adalah ....
a. otot polos c. otot
jantung
b. otot
rangka d. otot polos dan otot lurik
8. Otot jantung
dan otot lurik memiliki perbedaan dalam hal ....
a. sifat kerja
b. sifat kerja, bentuk, dan letak
c. bentuk
d. letak
9. Jika suatu kelompok otot berkontraksi untuk
menghasilkan gerakan, tetapi kelompok otot lainnya relaksasi maka termasuk
kerja otot yang ....
a. antagonis
b. sinergis
c. origo d.
insersio
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi waktu :
6 X 40’
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.4.
Mendiskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan jenis dan
fungsi makanan yang dibutuhkan manusia..
2.
Siswa dapat membandingkan
pencernaan mekanik dengan pencernaan chenus.
3.
Siswa dapat menjelaskan saluran
dan kelenjar pencernaan penyusun sistem pencernaan manusia.
4.
Siswa dapat mendiskripsikan
kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.
5. Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem pencernaan manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Apakah semua makanan yang dimakan dibutuhkan
oleh tubuh ? mengapa ?
2) Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan
tubuh ? dan apa manfaatnya ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami bahwa
gerakan memerlukan energi yang diperoleh dengan proses pencernaan dan
pernafasan
2. Kegiatan Inti
a. Siswa menempatkan diri duduk sesuai dengan
kelompoknya .
b.
Siswa dengan bimbingan guru melakukan uji makanan (lihat jelajah konsep
3.1.)
3. Kegiatan Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil uji makanan
yang dilakukan.
b.
Guru membuat refleksi dari hasil kegiatan dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Terdiri dari organ apakah saluran dan
kelenjar pencernaan penyusun sistem pencernaan manusia ?
2) Apa bedanya pencernaan mekanik dengan
pencernaan kimia ? dan pada organ apa terjadinya ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
b.
Dengan bimbingan guru, siswa melakukan percobaan proses pencernaan kimia
dan mekanik ( lihat jelajah konsep 3.2.) dilanjutkan dengan diskusi tentang
saluran dan kelenjar pencernaan pada manusia.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil kegiatannya dengan bimbingan guru.
b.
Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ke tiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Sebutkan 3 kelainan yang terdapat pada mulut
?
2) Sebutkan 5 penyakit yang terjadi pada saluran
pencernaan ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami saluran dan kelenjar-kelenjar
pencernaan pada sistem pencernaan manusia.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai kelompoknya.
b. Siswa dengan panduan guru melakukan diskusi
tentang kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa membuat kesimpulan.
b. Guru melakukan refleksi dan evaluasi dari
hasil kegiatan yang dilakukan oleh siswa.
E.
Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan lihat jelajah konsep 3.1. dan
3.2.
2. Charta / CD sistem pencernaan manusia.
F.
Sumber Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim;dkk, 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta. Depdiknas.
2. Buku IPA SMP yang relevan.
3. Charta / CD sistem pencernaan manusia dan
alat bahan percobaan.
4. Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1.
Tujuan pencernaan kimiawi adalah ….
a. mengubah bentuk makanan agar mudah
ditelan
b. mendorong makanan masuk ke
kerongkongan
c. menghaluskan makanan agar mudah dicerna
lebih lanjut
d. mengaduk makanan dengan enzim
pencernaan
2. Sebelum zat tepung diserap ke dalam tubuh oleh dinding usus, terlebih
dahulu harus diubah secara kimiawi menjadi ….
a. glukosa c. pepton
b. asam amino d.
protein
3. Bagian lambung yang menghalangi masuknya kembali isi lambung ke dalam
kerongkongan ditunjukkan pada gambar nomor ….
a. 1
c. 3
b. 2 d. 4
4.
Pernyataan berikut ini yang benar adalah …
a. semua bagian usus halus manusia
berguna untuk menyerap sari makanan
b. penyerapan sari makanan hanya terjadi
pada bagian akhir usus halus
c. pencernaan makanan disesuaikan di usus halus bagian jejunum
d. getah lambung hanya berguna untuk
membunuh mikroorganisme
|
5.
Faktor-faktor di bawah ini yang mem-pengaruhi kebutuhan kalori setiap orang adalah ….
a. jenis kelamin b. aktifitas
c. kemampuan ekonomi d.
iklim
6.
Karbohidrat dan lemak tersusun oleh unsur-unsur ....
a. C, N, dan O c.
C, H, dan N
b. C, H, dan O d. C, O, dan P
7.
Pernyataan berikut yang menunjukkan fungsi zat makanan yang paling
tepat adalah ....
a.
karbohidrat sebagai pembangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak
b.
lemak sebagai sumber energi dan cadangan energi
c.
protein sebagai pelarut zat dan dapat membantu mereaksikan zat
d.
vitamin sebagai pengangkut zat sisa pembakaran yang tidak terpakai
8.
Gangguan sistem pencernaan terjadi karena adanya luka pada dinding
lambung bagian dalam adalah ....
a. apendisitis b. diare
c. tukak lambung d. sembelit
9. Fungsi usus besar pada sistem pencernaan
adalah ....
a. menyerap zat-zat makanan
b. mengatur kadar garam
c. mengolah sisa-sisa makanan
d. mengatur kadar air feses
10. Zat makanan yang tidak dapat langsung
diserap usus adalah ...
a. vitamin
b. mineral
c. protein
d. lemak
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 6 X 40’
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.5.
Mendiskripsikan
sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengidentifikasi organ penyusun sistem pernafasan pada manusia..
2. Siswa dapat
membandingkan inspirasi dan ekspirasi pada pernafasan dada dan perut.
3. Siswa dapat mengukur
frekuensi pernafasan normal dan udara kapasitas vital paru-paru.
4.
Siswa dapat mendata contoh
kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan.
5. Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline
)
v Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
v Tekun ( diligence )
v Tanggung jawab ( responsibility )
v Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem pernafasan pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, eksperimen dan observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Terdiri dari organ apakah sistem pernafasab
manusia ? dan apa fungsinya masing-masing organ tersebut ?
2) Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan
tubuh ? dan apa manfaatnya ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami sistem pencernaan pada manusia.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa menempati tempat duduk sesuai dengan
kelompok .
b.
Siswa melakukan percobaan tentang inspirasi dan ekspirsi dilanjutkan
diskusi organ penyusun sistem pernafasan manusia dengan bimbingan guru (lihat
jelajah konsep 4.1.)
3.
Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
b.
Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimana frekuensi pernafasan orang yang
satu dengan yang lain ? mengapa ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ
sistem pernafasan manusia dan proses inspirasi maupun ekspirasi.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk pada kelompok masing-masing.
b.
Siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan tentang frekuensi
pernafasan dan kapasitas vital paru-paru ( lihat jelajah konsep 4.2 dan 4.3 )
3.
Kegiatan Penutup
a.
Siswa dengan bimbingan guru menyusun kesimpulan dari hasil kegiatannya.
b.
Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ke tiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Kelaianan dan penyakit apa sajakah yang
sering menyerang organ pernafasan kita ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ
penyusun sistem pernafasan manusia.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk di kelompok masing-masing.
b.
Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan
penyakit pada sistem pernafasan manusia.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
b.
Guru melakukan refleksi dan evaluasi tentang sistem pernafasan manusia.
E.
Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan lihat jelajah konsep 4.1. , 4.2. dan
4.3.
2. Charta / CD organ pernafasan manusia.
F.
Sumber Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta sistem pernafasan.
4. Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1. Berikut ini yang tidaktermasuk fungsi rongga hidung pada pernapasan
manusia adalah ….
a. mengatur
kelembaban
b.
menghindarkan gas berbau
c. menyaring udara
d.
menyerap oksigen
2. Mekanisme yang digunakan makhluk hidup
untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh adalah ….
a. osmosis b. fagositosis
c. pinositosis d. difusi
3. Fungsi
oksigen di dalam tubuh makhluk hidup adalah untuk ….
a. mengoksidasi glukosa
c. membakar glikogen
b. respirasi anaerob
d. kehidupan sel
4. Jika sedang menelan makan maka katup
tenggorok … dan katup kerongkongan ....
a. membuka,
membuka
b. menutup,
menutup
c. membuka, menutup
d. menutup, membuka
5. Tersedak
dapat terjadi jika pada waktu makan ada makanan yang masuk ke dalam ….
a. kerongkongan
b. cabang tenggorok
c. anak cabang tenggorok
d. tenggorok
|
6.
Pengertian bernapas yang paling tepat adalah ....
a.
upaya makhluk hidup untuk memasukkan
oksigen
b.
proses pertukaran zat organik dengan zat
anorganik
c.
proses pertukaran gas antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
d.
proses penggunaan oksigen untuk
menghasilkan energi
7. Pernapasan yang terjadi akibat adanya gerakan otot-otot diafragma adalah
pernapasan ...
a. perut b. dada
c. paru-paru d. biasa
8.
Gangguan atau penyakit sistem pernapasan yang disebabkan oleh alergi
adalah ....
a. influensa b. asma
c. tuberkolosis d. pneumonia
9.
Selaput yang membungkus paru-paru disebut ....
a. trakea b.
trakeida
c. pleura d. Alveolus
|
I. Kunci Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 8 X 40’
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
1.6.
Mendiskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan macam
organ dan jaringan penyusun sistem transportasi manusia..
2.
Siswa dapat menjelaskan sistem
peredaran darah manusia.
3.
Siswa dapat menjelaskan struktur
dan fungsi darah.
4.
Siswa dapat mengidentifikasi
golongan darah.
5.
Siswa dapat mengidentifikasi
kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem transpor manusia.
6. Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem transpor pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, observasi, dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Apa peranan jantung dalam sistem transpor
manusia ?
2) Bagaimana bedanya vena dan arteri ?
3) Termasuk sistem peredaran darah apakah sistem
peredaran darah manusia?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami proses pernafasan pada manusia.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya .
b. Siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan
tentang denyut pembuluh darah dan dilanjutkan diskusi organ dan jaringan
penyusun sistem transpor dan sistem peredaran darah manusia (lihat jelajah
konsep 1.1.)
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru, menyusun
kesimpulan hasil pembelajarannya.
b. Guru memberi tugas rumah dan melakukan
refleksi kegiatan.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Tersusun
dari apakah darah kita ?
2) Mengapa darah kita berwrna merah, dapat
membunuh kuman yang masuk tubuh dapat mengedarkan O2, CO2
dan zat makanan serta dapat membeku ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
organ dan jaringan penyusun sistem transpor manusia..
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
b. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan
percobaan tentang darah dan diskusi masalah struktur fungis darah ( lihat
jelajah konsep 5.2.)
3. Kegiatan Penutup
a.
Siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya dengan bimbingan
guru.
b. Guru melakukan refleksi dan memberi tugas
rumah.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Mengapa transfusi darah pada seseorang jenis golongan darahnya harus sama?
2) Resipiens yang golongan darahnya B, transfusi
golongan darah apakah yang harus diberikan ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami struktur
dan fungsi darah
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk pada kelompoknya.
b.
Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang golongan darah
pada manusia.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Siswa dengan bimbingan guru menyusun kesimpulan hasil pembelajarannya.
b.
Guru melakukan refleksi dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Kelainan dan penyakit apakah yang terjadi
pada organ dan jaringan sistem transpor manusia?
2) Kelainan dan penyakit apakah yang terdapat
pada darah manusia ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami tentang
organ dan jaringan sistem transpor manusia, struktur dan fungsi darah.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
b.
Siswa dengan dibimbing guru
melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem transpor manusia.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan hasil belajarnya.
b. Guru melakukan evaluasi hasil
pembelajaran siswa..
E.
Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan lihat jelajah konsep 5.1. dan 5.2.
2. Model / Charta organ peredaran darah dan
struktur darah.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta organ peredaran darah dan
struktur darah
4. Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1.
Sistem transportasi pada manusia terdiri
atas alat-alat berikut ini, yaitu ….
a.
jantung – ginjal – hati
b.
jantung – paru-paru
c.
Jantung – pembuluh darah – darah
d.
Jantung – ginjal-paru-paru
2.
Komponen yang berfungsi dalam proses
pembekuan darah adalah ....
a. fibrinogen, kalsium, dan serum
b.
serum, kalsium, dan protrombin
c. protrombin, fibrinogen, dan serum
d. protrombin, fibrinogen, dan kalsium
3. Sel darah merah yang rusak
dihancurkan/dirombak di dalam ....
a. kandung empedu c.
limfa
b. pankreas d. hati
4. Proses pembekuan darah di awali dengan
pengeluaran dari ... oleh keping darah
a. kalsium
b. tromboplastin
c. protrombin
d. trombin
5. Darah dari bilik kanan jantung akan
mengalir ke ....
a. paru-paru
b. serambi kanan
c. serambi kiri
d. aorta
|
6.
Di antara pembuluh darah berikut yang dilalui darah kaya oksigen
adalah ....
a. vena hati c. vena dari ginjal
b. vena paru-paru d.
vena dari usus
7.
Orang yang mempunyai aglutinin α dan β di dalam sel darah merahnya bergolongan
darah ...
a. A c. AB
b. B d. O
8.
Antara atrium kanan dan ventrikel kanan terdapat sekat yang disebut
....
a. trikuspidalis
b. monokuspidalis
c. bikuspidalis
d. tetrakuspidalis
9.
Fungsi dari getah bening adalah mengangkut ....
a. oksigen c.
karbon dioksida
b. lemak d. hormon
10.
Agung memiliki golongan darah A. Joko bergolongan darah B.
Ali bergolongan darah AB dan Budi bergolongan darah O. Donor
bagi semuanya adalah ...
a. Joko c.
Agung
b. Ali d. Bud
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 6 X 40’
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi
Dasar 2.1.
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar,
batang daun dan bunga.
2. Siswa dapat membedakan letak epidermis, korteks, dan stale pada
penampang melintang batang tumbuhan.
3. Siswa dapat menunjukkan letak dan fungsi stomata pada daun.
4.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
-
Struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
- Transportasi air dan garam mineral
pada tumbuhan
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual dan lingkungan
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Bagaimanakah
struktur pada akar, batang, daun dan bunga ?
2) Faktor apakah yang mempengaruhi transportasi
air dan garam mineral pada tumbuhan ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ-organ penyusun tumbuhan.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya dan
menyiapkan alat dan bahan percobaan / pengamatan.
b. Dengan petunujuk dan bimbingan guru, siswa melakukan observasi struktur/bagian-bagian
akar, batang, daun dan bunga (lihat jelajah konsep 6.1.)
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menggambar / melaporkan hasil
pengamatannya.
b. Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimanakah
struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
b. Dengan arahan guru, siswa melakukan diskusi
masalah struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
3. Kegiatan Penutup
a. Dengan bimbingan guru siswa membuat
kesimpulan hasil pembelajaran.
b. Guru melakukan refleksi dan memberi tugas
rumah.
Pertemuan
Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Mengapa air
dan garam mineral dari tanah dapat sampai di daun tumbuhan ?
2) Bagaimana
proses terjadinya transportasi pada tumbuhan ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar,
batang, daun dan bunga.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya dan
meyiapkan alat dan bahan
percobaan..
b. Siswa dengan petunjuk guru melakukan
percobaan tentang naiknya air dan garam mineral dari tanah ( akar ) ke daun dilanjutkan
diskusi.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa membuat laporan hasil pembelajaran.
b.
Guru melakukan refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran siswa.
E.
Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan lihat jelajah konsep 6.1 dan
percobaan naiknya air dan garam mineral ke daun.
F.
Sumber Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta struktur akar, batang, daun
dan bunga.
4. Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1. Akar tidak
memiliki fungsi untuk ....
a. menambatkan
tumbuhan ke tanah
b. menyerap air
dari tanah
c. menyimpan
cadangan makanan
d. akar napas
2. Bagian yang tidak termasuk
sistem akar tumbuhan adalah ....
a. rambut akar
c. akar lateral
b. ranting akar d.
akar utama
3. Berikut ini merupakan
fungsi batang, kecuali ....
a. menegakkan tubuh
tumbuhan
b. meneruskan air dan
zat-zat hasi fotosintesis
c. menyimpan cadangan
makanan
d. menyerap air dari
tanah
4. Trakeid memiliki
struktur dan fungsi yang berbeda dengan anggota pembuluh tapis, yaitu ....
a. menyusun pembuluh
xilem
b. sebagai pengangkut
zat-zat hasil fotosintesis
c. menyusun pembuluh
floem
d. dinding ujungnya
disebut lempengan tapis
5. Secara berurutan,
jaringan-jaringan yang menyusun lapisan akar adalah ....
a. rambut akar –
epidermis – endodermis – pembuluh
b. korteks – perisekel –
endodermis – pembuluh
c. epidermis – korteks –
endodermis – pembuluh
d. epidermis – korteks –
pembuluh – endodermis
|
6. Perbedaan struktur berkas pengangkut antara
monokotil dan dikotil ditunjukkan dengan ....
a.
berkas pembuluh dikotil menyebar tak teratur
b.
pada monokotil, xilem dan floem bersebelahan
c.
antara xilem dan floem pada dikotil dipisah jaringan lain
d.
berkas pembuluh dikotil lebih teratur
7. Struktur vital tumbuhan yang terdapat pada
daun dan berfungsi untuk pertukaran gas adalah ....
a.
kutikula c. floem
b.
epidermis d. stomata
8. Berkas pengangkut pada daun terletak pada
bagian ....
a.
kutikula
b.
stomata
c.
parenkim palisade
d.
parenkim spons
9. Inti pollenyang
berfungsi sebagai pembuka jalan menuju inti sel telur adalah inti ....
a.
vegetatif c.
sel telur
b. generatif d.
endosperma
10. Inti bakal endosperma sangat berperan bagi
perkembangan calon individu baru tumbuhan karena ....
a.
sebagai calon embrio
b.
dapat membuahi sel telur
c. mengandung
nutrisi
d.
sebagai calon buah
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 3 X 40’
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.2.
Mendiskripsikan proses perolehan nutrisi dan tranformasi
energi pada tumbuhan hijau
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan proses respirasi
tumbuhan.
2. Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
3.
Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang
mempengaruhi fotosintesis.
4.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Proses perolehan nutrisi dan tranformasi
energi pada tumbuhan hijau.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pendekatan konsektual dan lingkungan.
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen.
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
dan langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Berupa apa alat respirasi pada tumbuhan ?
2) Apakah yang diperlukan dalam proses
transformasi ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar,
batang, daun dan bunga.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa duduk sesuai kelompoknya dan menyiapkan alat dan bahan percobaan.
b. Dengan petunjuk guru siswa melakukan
percobaan tentang respirasi dan fotosintesis dan dilanjutkan diskusi ( lihat
jelajah konsep 7.1 dan 7.2 ).
3. Kegiatan Penutup
a. Membuat kesimpulan oleh siswa dibantu guru.
b.
Guru memberi tugas rumah dan refleksi.
Pertemuan Kedua ( 1 x 40’ )
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Faktor
– faktor apakah yang berpengaruh pada fotosintesis.
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah
memahami peristiwa respirasi dan fotosintesis..
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk pada kelompoknya masing - masing.
b. Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru
tentang faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa membuat kesimpulan hasil
pembelajarannya dibantu oleh guru.
b.
Guru melakukan refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran.
E.
Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan lihat jelajah konsep 7.1. dan 7.2.
2. Model / Charta stomata, lenti sel, bulu akar.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta alat respirasi dan
fotosintesis tumbuhan.
4. Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1. Fotosintesis memerlukan unsur-unsur,
seperti ....
a. cahaya, klorofil, glukosa, dan air
b. cahaya, klorofil, oksigen, dan air
c. cahaya, klorofil, CO2, dan air
d. cahaya, klorofil, oksigen, dan CO2
2. Bagian tumbuhan hijau yang berfungsi
menyerap cahaya matahari adalah ....
a. klorofil
b. daun
c. batang
d. akar
3. Fotosintesis menghasilkan glukosa, kemudian
digunakan untuk membuat berbagai bahan lain yang diperlukan tumbuhan
tersebut. Kelebihan glukosa tersebut disimpan dalam bentuk ….
a. selulosa
b. karbohidrat
c. protein
d. lemak
4. Gas yang
diperlukan untuk proses fotosintesis adalah ....
a. karbon
dioksida
b. karbon
monoksida
c. oksigen
d. nitrogen
5. Peran klorofil
dalam proses fotosintesis adalah ....
a. menyerap CO2
b. menyerap O2
c. menggabungkan
CO2 dan O2
d. menyerap
energi cahaya
6. Hasil dari proses fotosintesis adalah ....
a. karbon dioksida dan glukosa
b. karbon monoksida dan glukosa
|
c. oksigen dan glukosa
d. nitrogen dan glukosa
7. Pada proses fotosintesis terdapat dua
tahap, yaitu reaksi gelap dan reaksi terang. Pada saat reaksi terang terjadi
….
a. pengikatan CO2 dalam daun
b. penyerapan air oleh rambut-rambut akar
c. penyerapan energi cahaya untuk memecah
molekul air menjadi ion O2 dan ion H2
oleh klorofil
d. CO2 bergabung dengan ion
hidrogen.
8. Urutan penyerapan air dari dalam tanah oleh
akar sampai ke daun yang digunakan untuk proses fotosintesis adalah ….
a. rambut
akar - epidermis akar - korteks - stele - xilem - daun
b. rambut
akar - epidermis akar – stele --korteks - xilem - daun
c. rambut
akar - korteks – epidermis -akar - xilem - daun
d. rambut
akar - korteks - xilem - daun
9. Pada organ daun, proses fotosintesis
terjadi pada jaringan ....
a. epidermis
b. parenkim spons
c. klorofil
d. parenkim palisade
10. Mekanisme translokasi zat hasil
fotosintesis dipengaruhi oleh ....
a. osmosis
b. difusi
c. perbedaan konsentrasi
d. semua jawaban tidak tepat
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 6 X 40’
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.3.
Mengidentifikasi macam – macam gerak pada tumbuhan.
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak pada
tumbuhan.
2. Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan.
3. Siswa dapat menyebutkan
satu contoh tumbuhan untuk satu macam gerak pada tumbuhan
4.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Macam – macam gerak pada tumbuhan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Kontekstual dan lingkungan
2. Metode : Diskusi, informasi dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Apakah semua makhluk hidup bergerak ?
2) Bagaimana tumbuhan bergerak ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar,
batang, daun dan bunga.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa duduk berkelompok dan menyiapkan alat dan bahan percobaan.
b. Dengan petunujuk guru, siswa melakukan percobaan tentang macam – macam
gerak tumbuhan ( lihat jelajah konsep 8.1 dan 8.2 ).
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran
dibantu oleh guru.
b.
Guru memberi tugas rumah dan refeklsi hasil pembelajaran.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Apa bedanya gerakan menutupnya daun putri
malu karena sentuhan api dan lidi?
2) Apa bedanya tropisme, nasti dan taksis?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami macam
– macam gerak pada tumbuhan .
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membuat laporan hasil percobaan macam –
macam gerak pada tumbuhan.
b.
Guru melakukan evaluasi.
E. Media Pembelajaran
1.
Alat dan bahan lihat jelajah konsep 8.1 dan 8.2.
F. Sumber Pembelajaran
1 Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk
2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H.
Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1. Menutupnya daun tumbuhan putri malu dapat
dipengaruhi oleh ….
a. sentuhan b. cahaya lampu
c. gravitasi bumi d. panas bumi
2. Gerak akar yang dipengaruhi oleh gravitasi
bumi disebut ….
a. tropisme b. geotropisme
c. fototropisme d. nasti
3. Taksis pada
tumbuhan berarti gerak ….
a. pindah
sebagian atau seluruh bagian tubuh tumbuhan
b. adanya cahaya
matahari
c. menuju ke
pusat bumi
d. menghindari
cahaya
4. Sulur tanaman
melilit benda yang lebih keras termasuk gerak ….
a.
kemotropisme b.
fotonasti
c.
fototaksis d. tigmotropisme
5. Gerak tropisme
negatif dibedakan dengan tropisme positif atas dasar ….
a. kecepatan
geraknya
b. arah geraknya
terhadap rangsang
c. frekuensi
gerak per satuan waktu
d. macam organ
tubuh yang bergerak
|
6. Gerak Euglena viridis yang mendekati cahaya
termasuk gerak ….
a. kemotaksis b. taksis
c. fotonasti d.
hidrotropisme
7. Gerak yang terjadi pada tumbuhan Mimosa
pudica merupakan gerak ....
a. fototropisme b. geotropisme
c. taksis d. nasti
8. Gerak yang biasanya terjadi pada tumbu-han
tingkat rendah di mana sebagian atau seluruh bagian tubuh tumbuhan itu akan
berpindah karena adanya suatu rangsang adalah gerak ....
a. kemotaksis b. nasti
c. taksis d. fototaksis
9. Bagian tubuh tumbuhan yang peka terhadap
rangsang cahaya adalah ....
a. pangkal batang b. ujung daun
c. ujung batang d. tengah ruas batang
10. Contoh gerak
fotonasti adalah ...
a. sulur pada
tanaman polong
b. mekarnya bunga
teratai
c. akar gantung
pohon beringin
d. menutupnya
daun Mimosa pudica ketika sore tiba
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 2 X 40’
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.4.
Mengidentifikasikan nama dan penyakit pada organ tumbuhan yang
dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara hama dengan
penyakit pada tanaman.
2.
Siswa dapat mendata contoh hama tanaman.
3.
Siswa dapat memberikan contoh penyakit pada tanaman
4.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Nama dan penyakit pada tanaman.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual dan lingkungan.
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen.
3. Model
Pembelajaran : presentasi / seminar..
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Apa bedanya hama dengan kelompoknya ?
2) Berupa apakah hama yang sering menyerang
kebun kelapa ?
2. Kegiatan Inti
a. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
b.
Dengan panduan guru siswa melaporkan tugas secara gantian tiap kelompok
secara gantian tiap kelompok secara presentasi.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Siswa menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru.
b.
Guru melakukan evaluasi
E. Media Pembelajaran
Internet, literatur.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam
Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku IPA yang relevan.
3. Internet.
4.
Siswa dan guru.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes Essay
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes Essay
1.
Sebutkan organ tanaman tembakau yang biasanya diserang oleh virus TMV !
2. Sebutkan
empat contoh hama dan penyakit yang menyerang pada organ tumbuhan.
I. Kunci
Jawaban
1. Organ tanaman tembakau yang
biasanya diserang oleh virus TMV adalah bagian daunnya
2. Hama adalah hewan yang merusak tanaman atau hasil tanaman
karena aktivitas hidupnya, terutama aktivitas untuk memperoleh makanan,
contohnya
a. Hewan
mamalia seperti tikus, babi hutan, kambing, sapi dan kera,
b. dari
jenis burung termasuk ayam, dan
c. insekta
/serangga seperti ulat, wereng, kutu
daun, belalang, walang sangit, dan berbagai kumbang.
Penyakit
tanaman adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh
|
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 9
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran : IPA
Terpadu
Kelas/Semester :
VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi 3
Menjelaskan Konsep Partikel
Materi
Kompetensi
Dasar 3.1.
Menjelaskan konsep atom, ion,
dan molekul
A.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami konsep struktur atom
- Siswa dapat memahami perkembangan teori atom
- Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom
- Siswa dapat memahami konsep ion
- Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
- Siswa dapat memahami konsep molekul
- Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul
- Siswa dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol
- Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Atom, ion dan molekul
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan kontekstual
2. Metode :
Diskusi-informasi
3. Metode Pembelajaran :
Pembelajaran Kooperatif
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b. Pengetahuan Prasarat
Siswa
telah memahami arti materi
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi kelompok-kelompok dengan anggota 4-5 siswa
b. Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk
berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
c.
Masing-masing kelompok diberi soal-soal yang
berhubungan agar dijawab
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa untuk
menarik kesimpulan dari hasil diskusi
b. Guru memberi tugas rumah
E.
Kegiatan Pembelajaran
Diskusi-informsi
di dalam kelas dilanjutkan mengerjakan soal-soal latihan
F.
Sumber Belajar
1.
Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar :
Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Lampiran
Instrumen Soal Tes PG
1. Diketahui suatu partikel zat,
yaitu
1) merupakan partikel terkecil;
2) termasuk zat tunggal;
3) biasanya merupakan senyawa;
4) masih bersifat sama dengan zat asalnya.
Partikel tersebut adalah ….
a. atom b. molekul
c. unsur d. campuran
2. Elektron berputar pada
sumbunya sambil mengitari inti atom pada orbit sendiri-sendiri. Ini adalah
bentuk atom menurut ….
a. John Dalton b. J. J. Thomson
c. E. Rutherford d. Niels Bohr
3. Jika suatu atom memiliki 3
orbit elektron dengan jumlah elektron pada orbit terluar sebanyak 5 elektron.
Nomor atom unsur itu adalah ….
a. 15 b. 10
c. 8 d. 7
4. Nomor massa suatu atom adalah
banyaknya ….
a elektron dalam inti
atom
b. proton dalam inti atom
c. neutron dalam inti atom
d. proton dan neutron dalam inti
atom
5. Suatu unsur mempunyai nomor atom = 16.
Unsur tersebut terletak pada golongan dan periode ….
a. IVA, 3 b. IIIA, 6
c. VA, 2 d. IIIA, 5
6. Pada golongan IIA, unsur barium terletak
lebih bawah dibandingkan unsur magnesium. Hal ini berarti ….
a. barium lebih bersifat logam dibanding
magnesium
b. magnesium lebih bersifat logam dibanding
barium
c. barium lebih radioaktif dibanding magnesium
d. magnesium lebih radioaktif dibanding barium
|
7. Suatu unsur termasuk periode 3 dan golongan
II. Nomor atom unsur tersebut adalah ….
a. 5 b. 6
c. 10 d. 12
8. Perpindahan elektron dari satu kulit ke
kulit lainnya dalam sebuah atom dinamakan ….
a.
mutasi b.
radiasi
c.
eksitasi d. permutasi
9. Unsur-unsur aktinidatermasuk pada periode
….
a. 7 b. 6
c. 5 d. 4
10. Dalam dua molekul senyawa Fe2(SO4)3 mengandung ….
a. 2 atom Fe, 1 atom S, 12 atom O
b. 4 atom Fe, 2 atom S, 24 atom O
c. 2 atom Fe, 3 atom S, 12 atom O
d. 4 atom Fe, 6 atom S, 24 atom O
11. Atom
atau kumpulan atom yang bermuatan listrik disebut ….
a. elektron c.
neutron
b. ion d. proton
12.
Perbedaan molekul senyawa dengan molekul unsur adalah molekul senyawa ….
a. tersusun oleh atom yang lebih
banyak jumlahnya
b. berukuran lebih besar
c. tersusun oleh dua atau lebih
atom sejenis
d. tersusun oleh atom-atom yang
tidak sejenis
13. Materi yang tersusun oleh molekul
unsur adalah ….
a. gas karbon dioksida
b. gas oksigen
c. amonia
d. akuades
15. Berikut ini adalah molekul yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, kecuali….
a. H2SO4 b. NaClO
c. MgCl2 d. NaOH
|
I. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Negeri 3 Jabung
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi 4
Memahami kegunaan bahan kimia
dalam kehidupan
Kompetensi
Dasar 4.1.
Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari
A.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pembersih
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan
pemutih
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan
pengharum
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam
pembasmi hama
- Siswa dapat mengetahui efek samping penggunaan bahan kimia
- Siswa dapat mengetahui cara mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan-bahan kimia
- Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga
C.
Metode Pembelajaran
4. Pendekatan :
Pendekatan kontekstual
5. Metode :
Diskusi-informasi
6. Metode Pembelajaran :
Pembelajaran Kooperatif
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Pernahkah kamu mencium bau yang khas dari sabun mandi
b. Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jika mencium dari larutan yang
berbahaya (pestisida)
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi kelompok-kelompok dengan anggota 4-5 siswa
b. Siswa diminta untuk menguji beberapa bahan kimia dalam rumah
tangga (sesuai dengan Jelajah Konsep 10.1 buku IPA Terpadu untuk kelas VIII Tim
Abdi Guru, halaman 86)
c.
Melakukan diskusi-informasi tentang sifat berbagai
macam bahan kimia dalam rumah tangga
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil
percobaann
b. Guru memberi tugas rumah (sesuai dengan Jelajah Konsep 10.2 buku
IPA Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru, halaman 87 dan Jelajah Konsep 10.3 halaman 88 )
E.
Kegiatan Pembelajaran
Alat dan bahan sesuai dengan Jelajah
Konsep 10.1. 10.2, 10.3 buku
IPA
Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru,
halaman 86-88
F.
Sumber Belajar
1.
Buku Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar :
Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
Lampiran Instrumen Soal Tes PG Kompetensi Dasar 4.1
1. Berikut ini adalah bahan-bahan
kimia dalam rumah tangga yang termasuk bahan makanan, kecuali….
a. mentega
c. asam askorbat
b. natrium klorida d. minyak goreng
2. Bahan pembersih yang dibuat
dari potasium hidroksida, natrium karbonat, gliserin, dan mentol sebagai
bahan utamanya adalah .…
a. sabun colek
c. pasta gigi
b.
sampo d. detergen
3. Bahan-bahan ini adalah
disinfektan untuk pembersih, kecuali ….
a.
kresol b. benzalkonium klorida
c.
formaldehid d. transflutrin
4. Perhatikan pernyataan berikut
ini.
1) Membersihkan lantai;
2) membuat lantai menjadi wangi;
3) membunuh kuman dan bibit penyakit
4) mengelantang udara.Fungsi pembersih lantai
ditujukan oleh pernyataan ….
a. 1), 2), dan 3) c.
1), 3), dan 4)
b. 1), 2), dan 4) d. 2), 3), dan 4)
5. Senyawa klorin adalah bahan
kimia pada ….
a. pewangi
c. pemutih
pakaian
b. pemutih makanan d. pembersih lantai
6. Berikut adalah bahan kimia
untuk pemutih makanan, kecuali ….
a. aluminium stearat c. kalium bromat
b. kalsium iodat d. asam askorbat
7. Larvasida adalah insektisida
untuk membasmi ….
a. nyamuk
c. serangga dewasa
b. jentik
nyamuk d. hama padi
8.
Cara penggunaan insektisida
berbentuk pasta adalah .…
a. dioleskan c. dibakar
b. disemprotkan d. dialirkan
|
9.
Bahan insektisida yang sudah
lama digunakan sebagai pembasmi penyakit malaria adalah ….
a. carboryl
b. diazinon insectiside
c.
chlorine hydrocarbon insectiside
d.
kwartener amonium klorin
10.
Dalam bidang industri, bahan kimia digunakan untuk bermacam-macam hal,
kecualisebagai bahan ….
a. baku c. pembakar
b.
pemroses d. tambahan
11. Berikut ini adalah cara membuat plastik,
kecuali ….
a. polimerisasi c. polikondensasi
b. poliuretan
d. poliadisi
12. Porselen terbuat dari campuran ….
a. tanah liat dengan pasir
b. pasir kuarsa dengan tanah liat
c. batu kapur dan semen
d. kaolin dengan petuntas
13. Proses kimia pada pembuatan pulp disebut
proses soda karena menggunakan ….
a. Na2CO3 c. Mg(HSO3)2
b. Ca(HSO3)2 d. NaOH
14. Pupuk yang mengandung unsur nitrogen adalah ….
a. zwavelzure ammonia,
urea, double super phosphate
b. sendawa chili, urea, dan ZA
c. TS, DS, dan urea
d. sendawa chili, NPK, dan TS
15. Berikut ini yang tidaktermasuk insektisida
adalah ….
a. dieldrin
c. lindane
b. endrin
d. molinate
|
Kunci
Jawaban
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Negeri 3 Jabung
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi 4
Memahami kegunaan bahan kimia
dalam kehidupan
Kompetensi
Dasar 4.2.
Mendeskripsikan bahan kimia
alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
A.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa
mengenal macam-macam zat aditif
- Siswa memahami penggunaan zat aditif dalam makanan yang menunjang kesehatan
- Siswa mengerti arti dan fungsi zat aditif
yang ada pada makanan
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh zat aditif pada makanan
- Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Zat Aditif Dalam Makanan
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan kontekstual
2. Metode :
Diskusi-informasi
3. Metode Pembelajaran :
Pembelajaran Kooperatif
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Pernahkah kamu mendengar atau membaca
tentang zat yang berbahaya
dalam makanan
b. Pengetahuan Prasarat
Hati-hati
jika mengkonsumsi makanan yang terlalu gurih atau
warnanya
menyolok
2. Kegiatan Inti
a. Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang pengertian
zat aditif, macam-macam zat aditif yang terdapat dalam makanan.
b. Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang sifat zat
aditif yang merugikan dan cara menanggulanginya
c.
Melakukan diskusi-informasi tentang sifat berbagai
macam bahan kimia dalam rumah tangga
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil
diskusi
b. Guru memberi tugas rumah agar siswa mencari bungkus makanan
ringan kemudian ditulis kandungan zat aditifnya
E.
Kegiatan Pembelajaran
Siswa dibuat kelompok kemudian
masing-masing kelompok disuruh mencari
kandungan zat aditif yang
terdapat pada kemasan makanan
F.
Sumber Belajar
1.
Buku Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008
untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2.
Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
Lampiran Instrumen Soal Tes PG Kompetensi Dasar 4.2.
1. Zat aditif adalah zat yang ….
a. diberikan pada tanaman agar
lebih subur
b. menyebabkan rasa ketagihan
untuk mengonsumsinya
c. ditambahkan untuk menyempurna-kan makanan
d. mempercepat proses pencernaan
makanan
2. Bahan yang dikandung dan ditambahkan pada
makanan disebut ….
a. komposisi
c. ambang batas
b. adisi
d. expire date
3.
Fungsi pemberian zat pewarna pada makanan, yaitu sebagai berikut.
1)
Memperoleh penampilan yang menarik;
2)
memberi rasa manis pada makanan;
3)
memberi warna pada makanan;
4)
menentukan kualitas makanan.
Pernyataan yang benar adalah ….
a.
1), 2), dan 3) c.
1), 3), dan 4)
b.
1), 2), dan 4)
d. 2), 3), dan 4)
4.
Natural colour pada makanan merupakan bahan ….
a.
pengawet secara fisik
b.
pengawet secara kimia
c.
pewarna buatan
d.
pewarna alami
5.
Zat pewarna alami yang diambil dari kunyit dan menghasilkan warna
kuning dinamakan ….
a.
klorofil c.
kurkumin
b.
kapxantin
d. karamel
6.
Warna yang dihasilkan kapxantin pada pewarnaan makanan adalah ….
a.
merah
c. kuning
b.
hijau
d. coklat
7.
Berikut ini adalah proses pengawetan makanan secara fisik, kecuali ….
a.
diasinkan
c. dikeringkan
b.
diberi asam benzoat d. diasapi
8. Berikut ini adalah beberapa
contoh bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan makanan.
1) Asam benzoat;
2) nisin;
3) boraks;
4) asam cuka
|
Bahan pengawet yang
diperbolehkan untuk mengawetkan makanan adalah ….
a. 1), 2), dan 3) c. 1), 3), dan 4)
b. 1), 2), dan 4) d. 2), 3), dan 4)
9. Berikut ini adalah beberapa pemanis.
1) Propil galat;
2) sakarin;
3) gula
jawa;
4) aspartam.
Pemanis buatan
ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1), 2),
dan 3) c. 2), 3), dan 4)
b. 1), 3), dan 4) d. 1), 2), dan 4)
10. Zat untuk menjaga
tingkat keasaman dan pemberi rasa asam pada makanan disebut ….
a. asidulan
c. flavor
b. pengempal
d. enhancer
11. CRS adalah sejenis penyakit akibat penggunaan
… secara berlebihan.
a. MSG b.
UHP
c. DEPC d. FDC
12.
Berikut ini termasuk asidulan, kecuali….
a.
amonium bikarbonat
b.
asam sitrat
c.
asam laktat
d.
aluminium silikat
13.
Salah satu contoh bahan antikempal adalah ….
a.
amonium karbonat
b.
aluminium silikat
c.
kalium bromat
d.
gelatin
14.
Pada kaleng buah awetan tertulis JUN.2008.10, artinya buah kaleng itu
….
a.
dikonsumsi setelah tgl 10 Juni 2008
b.
akan diperiksa lagi pada tgl 10 Juni 2008
c.
dikonsumsi sebelum tgl 10 Juni 2008
d.
diberi kode produksi
15.
Berikut ini pewarna makanan yang aman digunakan, kecuali….
a.
black 7984
b. biru berlian
c.
riboflavin
d. anato
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 12
Sekolah : SMP Negeri 3 Jabung
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi 4
Memahami bahan kimia dalam
kehidupan
Kompetensi
Dasar 4.3.
Mendeskripsikan sifat pengaruh
zat adiktif dan psikotropika
A.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
- Siswa dapat menyebutkan pengertian zat
adiktif
- Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat
psikotropika
- Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat
adiktif
- Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Zat Adiktif dan psikotropika
C.
Metode Pembelajaran
4. Pendekatan :
Pendekatan kontekstual
5. Metode :
Diskusi-informasi
6. Metode Pembelajaran :
Pembelajaran Kooperatif
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Pernahkah kamu melihat orang yang mabuk sehingga tidak sadarkan
diri
b. Pengetahuan Prasarat
Hati-hati
jangan sampai mencoba-coba minum minuman keras dan
obat
terlarang
2. Kegiatan Inti
a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
b.
Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang
pengertian zat adiktif dan psikotropika
c.
Guru membimbing kepada siswa agar mencari
contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
d.
Melakukan diskusi-informasi tentang efek samping
dari zat adiktif dan psikotropika
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil
diskusi
b. Guru memberi tugas rumah agar siswa mencari informasi tentang
zat adiktif dan psikotropika lewat internet
E.
Kegiatan Pembelajaran
Siswa dibuat kelompok kemudian
masing-masing kelompok disuruh mencari
macam-macam contoh zat adiktif
dan psikotropik
F.
Sumber Belajar
1.
Buku Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar :
Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2. Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.
Penilaian.
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Tes PG
3.
Instrumen Soal : Terlampir
H. Kunci
Jawaban
Memeriksa
/ Menyetujui,
Kepala
SMP Negeri 3 Jabung
Urip
Haryono, S.Pd. M.M.
NIP.
19640429 198703 1005
|
Jabung, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
|
Lampiran Instrumen Soal Tes PG untuk Standar Kompetensi 4
1. Obat yang membuat orang menjadi lebih
aktif, lebih kuat bekerja, dan menggugah semangat sehingga merasa tidak lelah
digolongkan sebagai ….
a. euphoria c. stimulan
b. depresan d. psikoaktif
2. Halusinogen adalah obat yang menyebabkan
pemakainya akan merasa ….
a. kuat, aktif, dan tidak lelah
b. tenang, tidak stres, dan percaya diri
c. gembira, bergairah, dan tidak mengalami
hambatan
d. ringan, nikmat, dan melayang-layang ringan
3. Kafein adalah zat adiktif yang terdapat
dalam ….
a. teh c. alkohol
b. tembakau d. asam sitrat
4. Suatu zat adiktif mempunyai sifat sebagai
berikut.
1) Senyawa organik yang mengandung nitrogen;
2) berwujud cairan bening;
3) jika terkena udara akan berwarna
kecoklatan;
4) menyebabkan adiksi.
Zat tersebut adalah ….
a. kafein c.
stimulan
b. nikotin d. diazepam
5. Berikut ini pernyataan-pernyataan tentang
alkohol.
1) Mempunyai
rumus molekul C2H5OH;
2) dapat larut
dalam air;
3) berwarna;
4) diperoleh
dengan fermentasi.
Pernyataan yang benar adalah ….
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 2), dan 4)
d. 2), 3), dan 4)
6. Berikut
ini yang termasuk golongan generalized depresanadalah ….
a.
kokain
c. amphetamine
b. LSD d. volatile
7. Suatu obat
psikotropika yang digunakan untuk menekan nafsu makan, pengobatan narkolepsi,
dan depresi adalah ….
a.
generalized depresan c.
stimulan
b.
halusinogen d.
euphoria
8. Beberapa
obat terlarang, seperti LSD, canabis, marijuana, dan hashishtermasuk obat
jenis ….
a.
halusinogen b. stimulan
c. depresan
d. generalized depressan
|
9. Acquired Daily Intake (ADI) adalah ukuran
….
a. jumlah zat pengawet yang aman pada makanan
b. batas pemberian obat dalam sehari dengan
satuan mg
c. yang aman untuk mengonsumsi obat dengan
tanggal tertentu
d. jumlah mg obat yang diberikan untuk sekali
minum
10. Berikut ini adalah beberapa akibat
penggunaan narkotika, kecuali….
a. mengganggu kerja paru-paru karena endapan
tar
b. menimbulkan adiksi yang tidak tertahankan
c. menimbulkan toleransi
d. menumpulkan saraf pada tubuh
11. Tanaman ganja termasuk ….
a. narkotika golongan I
b. narkotika golongan II
c. generalized depresan
d. stimulan
12. Gejala putus narkotika akan menimbulkan
1) semangat;
2) gelisah;
3) sukar tidur;
4) hidup sehat.
Pernyataan yang benar adalah ….
a. 1) dan 2)
c. 2) dan 3)
b. 1) dan 3) d. 2) dan 4)
13. Berikut
ini beberapa penyakit akibat kebiasaan minum alkohol, kecuali….
a. sirosis
hati c. merusak saraf
b. kanker
mulut d. batuk terus-menerus
14. Pengaruh
nikotin terhadap fisik manusia adalah
1) penyempitan arteri;
2) penglihatan menjadi kabur;
3) tidur nyenyak;
4) tubuh semakin gemuk.
Pernyataan yang benar adalah ….
a. 1) dan
2) c. 2) dan 3)
b. 1) dan
3) d. 2) dan 4)
15. Khasiat
suatu obat yang dicantumkan dalam kemasan obat disebut ….
a. kontra
indikasi
b. indikasi
c. kerja
ikutan
d. expire
date
|